April 13, 2021

Ribuan Buruh KSPI Longmarch Desak Cabut UU Cipta Kerja

Surabaya (suararakyatjatim) – Ribuan buruh dari kawasan rungkut indusri memenuhi jalan Ahmad Yani sisi timur. Mereka longmarch mulai dari Kendangsari. Mereka juga sempat memblokade simpang empat Jalan Raya Kendangsari Industri.

“Kawan-kawan, kita tunggu perwakilan dari pabrik-pabrik di Berbek 5 keluar, kita gabungkan kekuatan,” ujar Doni korlap aksi dari atas mobil komando, Kamis (8/10/2020).

Setelah kawan-kawannya bergabung mereka melanjutkan perjalanan menuju Bundaran Waru. Mereka menutup penuh jalan protokol Ahmad Yani menuju Waru. Mereka berjalan kaki dengan menuntun motor masing-masing.

Di tengah perjalanan, para kelompok mahasiswa yang berada di sepanjang jalan juga ikut melebur bersama masa buruh.

Sekadar diketahui, ribuan massa Gerakan Tolak Omnibus Law (Getol) Jatim bakal menggelar aksi unjuk rasa mendesak pencabutan Undang-Undang Cipta Kerja. Mereka bakal menggaungkan Mosi Tidak Percaya dimulai dari Bundaran Waru.

Habibus Shalihin Ketua Bidang Buruh dan Miskin Kota Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Surabaya mengatakan, perkiraan ada 3000 massa aksi terdiri dari gabungan 50 organisasi baik dari organisasi buruh, tani, mahasiswa, dan kaum miskin kota.

Sasaran utama aksi adalah di depan Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo. Sementara titik kumpul ribuan massa akan dimulai dari Bundaran Waru sekitar pukul 10.00 WIB. Tuntutan utamanya desakan kepada pemerintah dan DPR agar membatalkan Omnibus Law Cipta Kerja.

Massa aksi juga menggelorakan Mosi Tidak Percaya kepada Pemerintah dan DPR yang mereka nilai telah mengkhianati rakyat.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.