Juli 29, 2021

Saksikan Debat Publik Penentu Pilwali Surabaya

Surabaya (suararakyatjatim) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya akan menggelar debat publik ketiga atau yang terakhir bagi pasangan calon (paslon) Pilwali Surabaya 2020, Sabtu (5/12/2020) malam ini.

Debat publik ini sekaligus menandakan bahwasanya masa kampanye kedua paslon sudah berakhir. Pasalnya, pada Minggu (6/12/2020) besok, adalah masa tenang yang berarti segala bentuk kampanye paslon dihentikan serentak.

Komisioner KPU Surabaya, Subairi mengapresiasi kerja media massa (cetak, elektronik maupun online) mulai perhelatan debat pertama hingga debat ketiga atau terakhir ini.

“Apresiasi yang begitu besar kami (KPU Surabaya, red) berikan kepada rekan-rekan media yang tetap setia mengawal jalannya tahapan Pilkada hingga saat ini dan sampai berakhirnya,” kata Subairi yang menjabat Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM (Sosdiklih) KPU Surabaya.

Demi menjaga kondusifitas dan kesuksesan perhelatan debat terakhir ini, Subairi mengimbau kepada warga maupun pendukung masing-masing paslon untuk menyaksikan debat melalui siaran televisi yang sudah difasilitasi oleh KPU Surabaya.

“KPU mengimbau warga untuk tidak datang di lokasi debat. Tetap di rumah. Menonton jalannya debat melalu televisi dan tetap di rumah,” ujarnya saat kegiatan media briefing di gedung Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat, Surabaya.

Sementara itu, Wimbo sebagai Liaison Officer (LO) paslon Eri Cahyadi-Armuji (ERJI) memastikan paslon nomor urut 1 itu akan hadir di lokasi debat seusai sholat magribh.

“Kami memastikan pada sore nanti paslon 1 akan hadir untuk mengikuti debat terakhir. Sebelum hadir kita akan adakan khotmil Qur’an dan istighosah di posko kutai. Setelah sholat berjamaah baru kita berangkat,” jelas Wimbo.

Di tempat yang sama, Liaison Officer (LO) paslon Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU), Sayuli menyampaikan beberapa catatan evaluasi mengenai teknis pada debat-debat sebelumnya. Kendati begitu, ia tetap memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara yang sudah berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi kegiatan debat publik.

“Ada beberapa hal yg perlu dipertegas terkait teknis. Tapi bagaimanapun kita berikan apresiasi kepada teman-teman penyelenggara yang sudah bekerja semaksimal mungkin untuk menggelar debat publik,” pungkasnya.

Perlu diketahui, KPU Surabaya memilih gedung Dyandra Convention Center sebagai lokasi debat terakhir. Debat publik akan disiarkan di channel TV 9 dan Kompas TV pada pukul 19.00 WIB.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.