Desember 9, 2021

Rutilahu Ambruk, Reni Asruti Minta Pemkot Segera Ambil Tindakan

Surabaya (suararakyatjatim) – Mendapati laporan tentang rumah warga di daerah Tembok Dukuh, Bubutan roboh, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti  mengunjungi tempat kejadian rumah tersebut. Peristiwa rumah milik Lastari (74) roboh, Minggu (10/1/2021) sore bermula dari hujan yang terus-menerus dan diperparah dengan kondisi rumah yang tua karena dimakan rayap dan tidak layak huni (rutilahu). Bagian yang roboh adalah area depan rumah dan ruang tamu yang juga digunakan sebagai tempat tidur, namun peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Pasca peristiwa Rutilahu ambruk, Reni Astuti telah koordinasi dengan Ketua RT setempat. Bagi keluarga Lastari sementara diungsikan terlebih dahulu ke rumah tetangga hingga perbaikan rumah ditindaklanjuti.

“Berkas kondisi rutilahu sudah diusulkan ke Dinas Sosial tahun 2020 untuk segera diperbaiki. Karena kondisi Pandemi belum mendapat persetujuan pihak Dinsos,” kata Reni saat ditemui dilokasi Rutilahu Bubutan.

Reni Astuti menyampaikan, pasca peristiwa  kejadian meminta awal tahun perlu mendapat perhatian dan evaluasi dari Pemkot untuk tidak melakukan refocusing dan realokasi anggaran perbaikan Rutilahu.

“Meski pandemi harusnya tidak menghambat dan segera diperioritaskan,  jika ditunda akan membahayakan warga terdampak,” tandasnya.

Reni meminta agar Dinsos perlu segera melakukan perbaikan karena sudah ada dokumen pengajuan oleh Ketua RT setempat.

“Untuk rumah roboh seperti ini, bulan Januari ini saya minta untuk segera diperbaiki,” pungkas Reni.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.