April 16, 2021

Dewan Minta Vaksinator Tahap Dua Lebih Besar

Surabaya (suararakyatjatim) – Penambahan vaksinator dalam program vaksinasi Covid-19 tahap dua yang diperuntukkan untuk PNS, TNI-Polri dan Pekerja layanan masyarakat dan lansia  Surabaya diharapkan dapat direalisasikan oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya sebagai salah satu langka percepatan dalam program vaksinasi tahap dua tersebut.

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Surabaya, Akmarawita Kadir menilai jumlah target vaksinasi ditahap kedua ini yang jauh lebih besar dari tahap pertama lalu yakni mencapai sekitar 360 000 orang menjadi alasan utama penambahan vaksinator.

“Jika tidak melakukan penambahan vaksinator dikhawatirkan bisa menjadi kendala dalam penuntasan vaksinasi ditahap kedua ini karena dari jumlah yang akan divaksin jaub lebih besar dari tahap pertama,” ujar pria yang juga berprofesi sebagai dokter ini.

Selain itu, paparnya, usulan penambahan vaksinator ini menjadi perlu lantaran ditahap pertama lalu sekitar ada 800  vaksinator sedangkaan untuk tahap kedua ini target vaksinasi yang lebih banyak.

“Jika tidak ada penambahan vaksinator kami mengkhawatirkan para vaksinator ini akan mengalami kelelahan sehingga dapat mempengaruhi target vaksinasi,” urainya.

Menurut Akmarawita, tenaga kesehatan di Kota Surabaya sangat banyak dan sangat bisa dan kompeten untuk menjadi vaksinator.

“Saya rasa dikota Surabaya ini banyak yang berkompeten untuk menjadi vaksinator,” terangnya.

Akmarawita menambahkan selain penambahan vaksinator, penambahan fasilitas tempat vaksinasi juga diharapkan ada penambahan karena dengan hanya mengandalkan faskes dimasing-masing wilayah dikhawatirkan tidaak tercapainya target ditahap dua ini.

“Kami mengusulkan untuk tempat vaksinasi ini bisa berkoordinasi dengan instansi maupun lembaga yang akan dilakukan vaksinasi sehingga dengan banyaknya tempat vaksinasi pencapaian target bisa cepat diselesaikan,” ulasnya.

Seperti diketahui, Pemkot Surabaya mulai menggelar vaksinasi Covid-19 tahap dua yang dikhususkan bagi pelayanan publik hingga lansia.

Selain itu, pemkot menggelar vaksinasi di beberapa tempat, seperti di Balai Kota Surabaya dikhususkan bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Mapolrestabes Surabaya khusus bagi personel Polrestabes dan jajarannya, serta di seluruh puskesmas se-Surabaya khusus bagi warga lansia.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.