Oktober 24, 2021

5 Tahun Dilanda Banjir, Warga Kedurus Wadul Dewan

Surabaya(suararakyatjatim) – Warga Kedurus Surabaya mengadu ke Komisi C DPRD Kota Surabaya terkait permasalahan banjir yang sering melanda pemukiman warga perumahan Gunung Sari Indah, Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karangpilang, Surabaya, Selasa (16/3/2021).

Ketua RW 7 Kedurus, Sumarsono mengatakan, pemukiman warga di perumahan Gunung Sari Indah ini sudah hampir 5 tahun lamanya dilanda banjir.

“Sudah lima tahun terakhir ini terus kebanjiran karena faktor curah hujan di samping itu memang saluran yang kurang memadai sehingga banjirnya sampai ke rumah-rumah warga. Khususnya terparah itu dari RT 3 RW 7,” kata pria yang biasa dipanggil Marsono itu.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C, Aning Rahmawati mengatakan, warga yang terdampak keseringan banjir di Kedurus karena saluran air (drainase) cukup kecil.

“Saluran kecil. Yang awalnya 6 meter mengecil sampai 1 meter. Aliran menuju ke waduk itu kecil, jadi enggak bisa tersalurkan. Akhirnya mereka warga minta solusi ke DPRD,” tutur Aning.

Ia menyampaikan bahwa Komisi C sudah menerima aspirasi mereka dan akan segera membahas hal ini bersama Pemkot Surabaya.

“Kmi menyanggupi untuk bicara ke pemkot. Jadi normalisasi saluran yang disalurkan. Cuma ya harus ada kesepakatan warga, karena ada akses warga,” jelasnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya, Erna Purnawati menjelaskan, Pemkot Surabaya bersedia membantu untuk segera mengatasi banjir di pemukiman warga Perumahan Gunung Sari Indah.

“Kalau warga sama pengembang mau bongkar, kita akan bongkar. Dalam waktu dekat, akan dibongkar walaupun akan dipisah besok pagi. Kalau dibongkar, warga harus lewat rute yang agak dalam. mereka mau apa enggak,” ungkap Erna.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.