Juli 29, 2021

Awey: Syaichona Cholil Layak Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Jawa Timur(suararakyatjatim) – Dukungan kepada ulama kharismatik asal Madura, Syaichona Muhammad Cholil bin Abdul Latif atau yang biasa dikenal Syaichona Cholil untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional terus mengalir. Setelah DPD Partai Golkar Jatim, kini giliran DPW Partai NasDem Jatim akan menggelar Seminar dan Webinar Nasional dalam rangka Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional kepada Syaichona Cholil.

Acara yang diselenggarakan secara daring dan offline terbatas pada Sabtu (20/03/2021) tersebut, rencananya akan menghadirkan sejumlah nara sumber. Yakni, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Rachmad Gobel (Fraksi NasDem DPR RI), Syarif Abdullah Al Khadiri, Hasan Aminuddin ( Fraksi NasDem DPR RI) Willy Aditya(Fraksi NasDem DPR RI dapil Madura), Prof Abdul A’la (Mantan Rektor Uinsa/Pengasuh Ponpes Annuqayah Sumenep), Dr Muhaimin (Tim Perumus Naskah Akademik).

“Itu nama-nama nara sumber yang akan mengisi seminar tersebut. Namun, masih kami godok terus. Kami masih harus dapat konfirmasi kepastian. Siapa tahu sehari sebelum hari H ada perubahan. Karena itu, Jumat (19/3/2021) ada rapat persiapan akhir seminar tersebut,”ujar Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW Partai NasDem Jatim, Vinsensius Awey, Jumat (19/3/2021).

Dia mengatakan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid -19, DPW Partai NasDem tidak mengundang publik. Bahkan, undangan pun dibatasi.

“Bagi yang tak diundang secara khusus dalam lokasi acara bisa mengikuti secara virtual. Seminar nasional ini kita laksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat,” tandas dia.

Menurut Awey, Syaichona Cholil memang layak dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Sebab jasa jasanya dalam dunia pendidikan keagamaan maupun keorganisasian Nahdlatul Ulama (NU) yang sangat besar mewarnai perjalanan bangsa Indonesia.

“Beliau adalah sosok yang menginspirasi berdirinya NU yang kemudian menjelma menjadi organisasi keagamaan terbesar di Indonesia, ” jelas dia.

Karena itu, lanjut dia, lewat seminar dan webinar nasional ini, DPW Partai NasDem Jatim ingin ada pengusulan gelar Pahlawan Nasional kepada Syaichona Cholil. “Kalau ini terwujud akan jadi kebanggaan bagi warga Madura, warga Jatim, maupun warga NU,” ungkap dia.

Meski demikian, lanjut mantan anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019, untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional tersebut, tentu tidak sederhana. Ada banyak ketentuan yang harus dipenuhi, terutama kelengkapan dokumennya.

“Melihat jejak perjuangan beliau, NasDem meyakini Syaichona Cholil layak dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Ya. NasDem akan ikut mendorong agar tahapan pengajuan Syaichona Cholil bisa jadi Pahlawan Nasional,” imbuh dia.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.