Mei 17, 2022

Kader PB Jatim Bersama Tim Trauma Healing Turun ke Lokasi Pengungsian Lereng Gunung Semeru

Surabaya(suararakyatjatim) – Untuk membantu meringankan beban para pengungsi bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) lalu. Kader Perempuan Bangsa Jatim turun langsung ke lokasi pengungsian di lereng Gunung Semeru, Jumat (10/12/2021).

Para Kader Perempuan Bangsa itu juga membawa Tim Trauma Healing Universitas Negeri Malang (UNM). Mereka berkolaborasi menghibur para pengungsi agar tidak tertekan di tengah penderitaan mereka.

Warga pengungsi sudah kehilangan harta benda, bahkan ada yang kehilangan saudara, meninggal dunia. Bahkan, belum jelas sampai kapan mereka bertahan di pengungsian sambil menunggu rehabilitasi rumah mereka yang rusak.

“Kasihan, anak-anak juga kami hibur. Kami ajak menyanyi, game dan mewarnai,” kata Laila Mufidah Ketua DPC Perempuan Bangsa Surabaya di Posko Pengungsian Candipuro, Lumajang kepada suararakyatjatim.com.

Laila yang juga Bendahara Umum DPW Perempuan Bangsa Jatim bersama puluhan emak-emak sudah sejak Selasa (7/12/2021), turun ke lokasi pengungsian. Mereka membantu membagikan berbagai makanan dan kebutuhan lain.

Kami, lanjut Laila, juga memberikan dispenser untuk pengungsi, karena sangat dibutuhkan.

“Kami juga sediakan mainan anak-anak, buku Iqra untuk ngaji anak-anak. Tadi kami bagi pensil warna dan krayon untuk mewarnai,” ungkap Laila yang ikut mewarnai bersama anak-anak para pengungsi.

Saat ini, makin banyak pihak yang terus peduli dengan para pengungsi. Mereka silih berganti memberi bantuan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Perempuan Bangsa yang merupakan organisasi perempuan PKB berharap pemulihan pasca erupsi Gunung Semeru lebih cepat. Saat kondisi pulih kembali, warga bisa menempati rumah mereka yang mereka tinggalkan untuk mengungsi.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.