April 20, 2024

DPRD: Pembukaan Pasar Turi Baru Dongkrak Ekonomi Surabaya

Surabaya, suararakyatjatim.com – Komisi B DPRD Kota Surabaya menilai, beroperasinya kembali Pasar Turi Baru akan berdampak signifikan terhadap perekonomian Kota Surabaya.

Anggota Komisi B, Dr Zuhrotul Mar’ah mengatakan, pembukaan Pasar Turi Baru oleh Pemkot Surabaya Pertama, saat ini moment nya sangat tepat, dimana Surabaya saat ini berada di Level 1 PPKM sehingga kegiatan ekonomi masyarakat kembali meningkat.

“Moment kedua yaitu, jelang Ramadhan dan lebaran tentu masyarakat akan berbelanja di Pasar Turi Baru. Simpel nya, jika belanja masyarakat naik, maka ekonomi suatu daerah akan naik juga,” ujarnya di Surabaya, Kamis (24/03/22).

Ia menjelaskan, Pasar Turi Baru akan menjadi ikon belanja di Surabaya, dimana sejak insiden terbakarnya Pasar Turi tahun 2007 silam, masyarakat sudah menanti hampir 15 tahun kapan Pasar Turi kembali dibuka.

“Alhamdulillah, dengan keberanian Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang membuka Pasar Turi Baru terjawab sudah keinginan masyarakat untuk belanja di Pasar Turi. Kami di dewan sangat apresiasi terhadap Pemkot Surabaya yang membuka Pasar Turi Baru,” jelas politisi PAN Surabaya kepada suararakyatjatim.com,

Dr Zuhrotul Mar’ah menerangkan, Pasar Turi memiliki beragam kebutuhan belanja mulai pakaian, kosmetik, makanan, kue, jajanan tradisional yang dulu ada di Pasar Turi, dan banyak produk lainnya yang ikonik Surabaya dimana kebutuhan konsumen yang tidak bisa didapat di Mall, bisa didapatkan di Pasar Turi Baru.

“Hanya saja kami berharap ke Pemkot Surabaya agar pedagang Pasar Turi lama tetap di wadahi untuk bisa berjualan di Pasar Turi Baru. Pedagang lama supaya difasilitasi baik ketersediaan stand penjualan, biaya sewa stand. Karena bagaimanapun pedagang lama sudah menunggu sekian lamanya agar Pasar Turi kembali dibuka,”tegasnya.

Dirinya kembali menambahkan, menjelang lebaran umumnya daya beli masyarakat meningkat, sehingga dengan dibukanya Pasar Turi Baru bisa menjawab kebutuhan masyarakat jelang lebaran.

“Momen nya juga tepat dimana level PPKM sudah turun dan Pasar Turi Baru dibuka, maka ekonomi Surabaya akan naik seiring meningkatnya daya beli masyarakat,” pungkasnya.(why)