Oktober 21, 2021

Antusias 1,9 Juta Wisatawan Kunjungi Reopening 541 DTW Jatim

Surabaya (suararakyatjatim) – Reopening 541 Daya Tarik Wisata (DTW) di 31 kab/kota Jatim telah dikunjungi wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim Sinarto mengatakan, dari dibukanya 541 DTW ada 1.925.761 wisatawan pada September 2020.

Begitupula 869 hotel dan 2.934 restoran atau rumah makan yang telah buka dan menerapkan protokol kesehatan.

Sinarto menjelaskan, daerah yang banyak dikunjungi wisatawan lebih dari 100 ribu wisatawan, seperti Banyuwangi dengan 53 DTW, Bangkalan 10 DTW, Malang dan Gresik sebanyak 37 DTW.

“Untuk jumlah wisatawan tentunya juga mengalami pergerakan. Sudah mulai ada antusias warga masyarakat untuk berwisata,” kata Sinarto kepada suararakyatjatim.com, Kamis (17/9/2020).

Menurutnya, Disbudpar Jatim akan tetap terus mendorong Kabupaten/Kota, agar lebih memperhatikan SOP protokol kesehatan Covid -19 di destinasi wisata. Mengingat masih dijumpai destinasi wisata yang buka namun kurang memperhatikan protokol kesehatan.

“Penguatan dan tata kelolanya pada pengelola wisata harus tetap dilakukan. Seperti pelayanan kesehatan, kebersihan, jadwal kegiatan kunjungan dan jadwal atraksi. Semuanya harus diatur ulang dengan mengedepankan protokol kesehatan,” tuturnya.

Selain itu, setiap daerah harus memiliki tim evaluasi yang berhak melakukan penilaian terhadap tempat wisata maupun tempat usaha kepariwisataan seperti hotel dan restoran dalam memenuhi protokol kesehatan.

Jika tempat wisata dan tempat usaha kepariwisataan memenuhi protokol kesehatan, maka diberikan sertifikat. Namun, sertifikat itu bisa dicabut kembali apabila melanggar protokol kesehatan.

“Tim tersebut berkeliling secara masif memperhatikan tempat wisata dan tempat usaha kepariwisatan,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, Kadisbudpar Jatim akan melangsungkan diskusi dengan kab/kota untuk membahas desa wisata, wisata alam, hingga masalah kesenian yang lama untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid-19.

“Kami akan mengevaluasi DTW yang sudah reopening. Melihat kepatuhan masyarakat terhadap kesehatan dan kepatuhan pengelola terhadap manajemen protokol kesehatan di wilayah destinasi wisata,” terangnya.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.