Agustus 2, 2021

Sambut Misa Natal, Forkopimda Jatim Sterilisasi Gereja Surabaya

Jawa Timur (suararakyatjatim) – Forkopimda Jawa Timur Gubernur Jatim, Pangdam V Brwaijaya dan Kapolda Jatim. Kamis (24/12/2020) siang keliling mengecek kesiapan pengamanan gereja di surabaya sambut misa natal. Dengan mengendarai sepeda motor.

Menurut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, bahwa saat meninjau gereja di surabaya dalam kesiapannya pada misa natal nanti. Sudah dilakukan cukup baik, pihak gereja sudah menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan menyiapkan tempat cuci tangan, thermogun (pengukur suhu badan dan menata kursi dengan ada baras/jarak).

“Saya melihat sudah cukup baik apa yang dilakukan oleh pengurus gereja disini. Dan sudah sesuai Prokes, karena saat ini kita tau bersama masih pandemi covid-19,” kata Khofifah, Kamis (24/12/2020) siang.

Selain itu pengurus gereja akan memberlakukan pembatasan jemaat. Sehingga tidak terjadi kerumunan pada saat misa natal nanti malam.

Untuk jemaat yang lain masih bisa berdoa bersama dengan menggunakan live streming yang nantinya akan disiapkan oleh pengurus gereja. Seperti di Gereja Vincentius Kristus Raja, yang berada di Jalan Sudirman, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

“Jemaat nanti tidak perlu hadir semua, akan ada pembatasan jemaat. Nanti bagi jemaat yang lain masih bisa mengikuti misa natal dengan menggunakan live streming dan bisa berdoa di rumah masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengungkapkan, bahwa pengamanan pada misa natal tahun ini sinergi antara jajaran TNI/Polri dan juga Pemda serta organisasi masyarakat seperti Ansor.

Disisi lain penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di dua gereja yang dikunjungi hari ini sudah menerapkan Prokes, dengan menyediakan tempat cuci tangan, thermogun alat pengukur suhu badan serta jaga jarak.

“Aparat gabungan TNI/Polri dan Pemda serta organisasi islam seperti Ansor juga turut serta dalam melakukan pengamanan misa natal,” kata Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta, Kamis (24/12/2020) siang.

“Selain itu penerapan protokol kesehatan di setiap gereja yang kita kunjungi juga sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” tambahnya.

Harapannya, pada misa natal malam nanti bisa berjalan baik dan lancar, sehingga umat kristiani yang melaksanakan misa natal bisa merasa aman dan nyaman,” harapnya.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.