Agustus 2, 2021

Posyandu Siwalankerto Getol Salurkan Vitamin A Ditengah Pandemi

Surabaya(suararakyatjatim) – Sejumlah anak antre menunggu giliran dilayani posyandu di wilayah RT 04 RW 03 Kutisari Selatan, Kelurahan Kutisari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Senin (15/2/2021).

Pelaksanaan posyandu ini hanya dibuka satu kali selama pandemi Covid-19 untuk menyalurkan pemberian vitamin A kepada anak-anak.

Sesuai dengan arah kebijakan Dinas Kesehatan Kota Surabaya pemberian Vitamin A diserahkan langsung dari Puskesmas-Puskesmas kepada setiap kader kesehatan atau Posyandu di setiap Kelurahan.

Kesehatan balita di Surabaya tetap menjadi perhatian. Sehingga petugas posyandu ngalahi untuk door-to-door membagikan vitamin A kepada balita agar tidak menimbulkan kerumunan.

Kader kesehatan sekaligus anggota Posyandu anggrek orange 3, Kelurahan Siwalankerto Sulis Handayani mengaku, telah melaksanakan pembagian Vitamin A kepada 70 Balita di kampungnya. Pihaknya dengan protokol kesehatan Covid 19 telah langsung membagikan Vitamin A tersebut ke setiap rumah Balita.

”Kendala pandemi covid-19, tapi kader-kader posyandu getol lakukan kunjungan ke rumah-rumah penduduk atau jemput bola, agar balita mendapatkan Vitamin A tersebut,” kata Sulis Handayani kepada media suararakyatjatim.com.

Lanjut Sulis, karena di Kota Surabaya masih zona orange. Selain pada bulan Februari – Agustus serentak pemberian Vitamin A di Kota Surabaya. Tetap ada pengecekan bulanan.

“Dulu memang sempat berhenti, kendala pandemi covid. Namun sekarang tetap ada kunjungan untuk timbang balita setiap bulan hingga Desember,” terangnya.

Ditengah pandemi covid-19, Dia berharap agar warga bisa mengikuti protokol kesehatan. Misalnya, selalu memakai masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan. Kebiasaan tersebut juga harus ditularkan pada anak-anak. Termasuk mengajarkan sejak dini kepada para balita.

’’Mari bersama mengatasi pandemi ini,’’ pungkasnya.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.