Mei 18, 2022

Jelang Lebaran, Khofifah: Optimalkan Kondisi Jalan Provinsi Capai 89,61 Persen 

Surabaya, suararakyatjatim.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa Pemprov Jatim melakukan upaya maksimal untuk mendukung kelancaran mudik lebaran tahun 2022.

Salah satu bentuknya adalah memastikan bahwa kondisi jalan provinsi maupun jembatan dalam kondisi baik, dan bisa mendukung penyiapan dan perwujudan mudik yang aman, sehat, selamat, tertib dan lancar.

Untuk itu, pihaknya secara khusus memerintahkan Dinas PU Bina Marga Jawa Timur, untuk melakukan persiapan yang matang. Seperti memastikan jalan milik provinsi dalam kondisi baik untuk dilewati pemudik, serta melakukan antisipasi daerah rawan bencana dan kesiapan personel dan alat berat.

“Berdasarkan data yang ada, ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Jatim panjangnya mencapai 1.421 kilometer dan panjang jembatan 10.870 meter. Dari panjangnya jalan itu, kemantapan jalan provinsi mencapai 89,61 persen,” kata Gubernur Khofifah, Jumat (15/4/2022).

Dengan rincian 57,74 persen dalam kondisi baik, 31,84 persen kondisi sedang, 7,13 persen kondisi rusak ringan dan 3,26 persen rusak berat.

“Dengan ini, maka Insya Allah jalan provinsi maupun jembatan yang ada di kewenangan kami, dalam kondisi yang siap menyambut dan mendukung kelancaran kegiatan mudik lebaran masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Khofifah, selama masa mudik lebaran 2022, Pemprov Jatim juga membuka Posko Lebaran Jalan Provinsi di berbagai titik. Posko-posko itu berdiri di semua UPT Bina Marga dengan ada penanggungjawab masing-masing daerah. UPT Bina Marga itu tersebar di Bojonegoro, Madiun, Pacitan, Mojokerto, Kediri, Surabaya, Malang, Pamekasan, Probolinggo, Banyuwangi dan Jember.

Di setiap posko juga disiapkan alat berat yang siap digunakan 24 jam. Seperti wheel loader, bulldozer, dump truck, gergaji mesin, tandem roller 2 ton dan alat berat lainnya.

“Semoga mudik lebaran nanti lancar, aman, sehat, selamat, dan tertib. Dan, yang tidak kalah pentingnya, masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan dan sudah vaksin booster. Kami minta sungguh-sungguh jangan pernah abaikan prokes saat berkumpul bersama keluarga tercinta,” pungkasnya.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.