Juni 21, 2021

Program Give Away Golkar Kelar, Warga ‘Tagih’ Janji Walikota dan Wakil Walikota

Surabaya (suararakyatjatim) – Antusiasme masyarakat Surabaya dalam mengungkapkan harapanya kepada Wali Kota Surabaya yang baru, Eri Cahyadi dan pasanganya Wakil Walikota, Armuji cukup besar. Hal itu tertuang dalam beragam komentar yang berhasil dirangkum DPD Partai Golkar Surabaya dalam program ‘Give away Apa Harapan Kalian Terhadap Walikota yang Baru?’.

Sejak diluncurkan pada 26 Maret 2021, Give Away berisi komentar dan harapan serta gagasan masyarakat terhadap kepemimpinan Eri-Armuji hampir sebagian besar berharap keduanya mampu mewujdukan janji-janji yang diucapkan pada saat kampanye dan membawa Surabaya lebih baik, lebih maju, dan amanah dalam memegang tampuk kepemimpinan.

Bebebrapa akun meminta Eri Cahyadi berani mengimplementasikan janjinya yang diucapkan dalam kampanye Pilwali Surabaya beberapa waktu lalu. Seperti akun @nobianiarifin yang menyebut Eri Cahyadi harus mengimplementasikan semua program kerja yang sudah terucap dalam janji kampanye.

‘Harapan saya, semoha Pak Eri dan Wakilnya bisa/dapat mengimplementasikan semua program kerja yg sudah pernah diucap kepada warga Kota Surabaya selama masa kampanye. Saya juga berharap bapak sehat terus supaya tetap bisa mengawal Kota Surabaya ini lebih baik lahi dari kepengurusan sebelumnya, Amin. Salah sehat dan selamat berkolaborasi!’ cuitnya.

Sementara akun @Adji_mahadewa juga mengunggah harapan Walikota dan wakil walikota memenuhi janjinya pada waktu kampanye dulu. Lebih meningkatkan lagi perekonomian, dan wisata Kota Surabaya.

‘”Lebih baik lagi dari Walikota Sebelumnya,” ujar Adji_Mahadewa dalam cuitanya.

Beberapa akun lain mengungah harapan penanganan banjir dan keamanan Kota Surabaya. Seperti diunggag akun @dimaskanginan. Dia berharap, walikota dan wakil walikota yang baru bisa menangani semua permasalahan baik banjir maupun banyaknya pengangguran dimasa pandemi.

”Saya mohon dengan sangat semoga bisa menjadi pemimpin yang amanah, jujur, baik hati dan selalu dekat dengan warga Surabaya dan selalu mendengar keluh kesah warga Surabaya,” kata dia.

Ketua DPD Partai Golkar Surabaya, Arif Fathoni mengatakan, respon masyarakat cukup luar biasa dalam program Give Away yang digagas partainya. Komentar-komentar ‘berani’, kata dia yang selama ini tidak bisa diutarakan menjadi gambaran betapa masyarakat membutuhkan pemimpin yang komunikatif, konstruktif, dan mau mendengar masukan serta keluhan warga.

”Ini tidak bisa disia-siakan, mereka benar-benar sangat berharap bisa terjalin komunikasi antara pemimpin Surabaya dengan masyarakat, ibaratnya selama ini kita hanya dikasih gambar dan dibiarkan mereka-reka gambar tersebut secara liar menurut nalar masing-masing, kini mereka meminta penjelasan, komunikasi, terutama gambar disini kita asumsikan sebagai program,” kata Anggota Komisi A DPRD Surabaya ini.

Toni, sapaan akrab politisi muda ini menambahkan, para pemenang dan juga ratusan komentar yang sudah diunggah melalui instagram (IG) selanjutnya dikumpulkan dalam satu jilid buku. Buktu tersebut bakal diserahkan kepada Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi sebagai bahan perenungan dan pijakan dalam menjalankan program pemernintahan.

”Pijakan lantaran isinya adalah harapan masyarakat yang beliau pimpin, jadi ini sangat berguna,” kata dia.

Dia menambahkan, program give away menjadi bukti akuntabilitas Partai Golkar terhadap segala aspirasi yang muncul baik melalui ruang komunikasi digital, maupun ruang komunikasi verbal. ”Kolaborasi ini sangat indah apabila terwujud, satu memberi masukan, satu menyalurkan masukan, dan mewujdukanya secara bersama-sama, luar biasa,” katanya. (why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.