Oktober 24, 2021

Uenak Pol! Racikan Sambal Khas Rawon Tuyul Turun Temurun Bikin Nambah Lagi

Surabaya(suararakyatjatim) – Rawon adalah makanan khas yang populer dari kota pahlawan, Surabaya. Kalau mau cicip racikan rawon enak, mampir saja ke Depot Rawon Tuyul beralamat di Jalan Dukuh Kupang Timur XVI/36, Surabaya.

Kuliner Surabaya ada banyak jenisnya. Namun kalau suka yang berkuah hangat dan unik, Rawon Tuyullah patut jadi pilihan. Isiannya daging empuk dengan pelengkap empal brewok, telur puyuh, telor asin, tempe/tahu dan tauge muda. Kuahnya sendiri berwarna hitam karena memakai kluwak.

Rawon yang satu ini namanya unik. Dinamai Tuyul yang di kelola Pasutri Bintang Timur Diponegoro dan Amel Paulin ini, singkat cerita berawal dari candaan mereka penghoby kuliner dan impiannya sejak masa-masa SMA dulu dan sekarang hadir di lapisan masyarakat Surabaya.

Selain Rawon Tuyul memiliki khas telor puyuhnya, kata Amel Paulin, memiliki aroma kaldu sapi yang sangat kuat, kuahnya terasa lebih pekat. Sambal khas racikan turun temurun yang disajikan sebagai pelengkap cocok berpadu dengan rasa rawonnya.

“Tentunya porsi rawonnya sangat memuaskan dengan harga cukup terjangkau di masa pandemi Covid-19. Diharapkan antusias warga pecinta kuliner Rawon Tuyul sesuai target. Ke depan kita optimis buka cabang dan dapat bersaing sehat dengan kuliner terkenal di Surabaya, ” kata mba Amel sapaan akrabnya kepada suararakyatjatim.com, Kamis (7/10/2021).

Bintang Timur Diponegoro membenarkan bahwa di masa pandemi Covid-19 banyak usaha kuliner mengeluh.

“Jika kita mengeluh terus menerus justru tidak bisa berkarya. Jadi apa yang bisa untuk peluang sekarang kita manfaatkan sebaik-baiknya. Dan tetap semangat serta berkeyakinan, pasti ada jalan,” terang Mas Rio sapaan akrabnya.

Disinggung soal pelayanan protokol kesehatan (prokes), Mas Rio mengungkapkan, pihaknya telah memberikan pengertian dan pelajaran tentang aturan prokes dari pemerintah kepada karyawannya. Yaitu wajib memakai masker dan sarung tangan ketika berjualan.

“Sebaliknya, jika ada pengunjung datang tidak pakai masker, kita tegur dengan sopan. Lebih baik kita saling mengingatkan, bertujuan untuk memutus rantai sebaran Covid-19 di masa pandemi ini,” pungkas dia.

Perlu diketahui, Depot Rawon Tuyul Surabaya, buka mulai pukul 07.00 wib – 23.00 wib. Selain menyajikan nasi rawon juga ada nasi pecel, nasi bali dan empal brewok.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.