Februari 23, 2024

Musim Penghujan,Komisi C Minta Pemkot Siagakan URC Antisipasi Genangan Air di Kota Pahlawan

suararakyatjatim.com – Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Baktiono mendukung langkah Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya yang menyiagakan Unit Reaksi Cepat (URC) untuk antisipasi genangan air di kota Pahlawan.

Menurut Baktiono, langkah DSDABM menggunakan URC dalam mengantisipasi genangan air di Surabaya merupakan inovasi yang bagus. Sehingga ia berharap bisa mengurangi genangan air termasuk di perkampungan.

“Ibaratnya Pemkot Sedia Payung sebelum hujan,” ujar Baktiono kepada wartawan di Surabaya, Selasa (05/12/2023).

Ia menambahkan, ini langkah serius yang dilakukan oleh pemkot dalam hal penanggulangan banjir dengan menyiapkan URC, ini langkah yang bagus.

Dengan URC itu kata Baktiono, mobil pemadam kebakaran bisa menghisap genangan air secara langsung kemudian disalurkan secara on the sport.

Terhadap hal itu, Baktiono pun mengapresiasi kinerja DSDABM. Meski mereka telah menggalakkan pembangunan box culvert dan saluran.

“Kita apresiasi kinerja pemkot, mereka sebelum hujan sudah menyiapkan perangkat-perangkatnya termasuk URC untuk menghisap genangan,” Baktiono yang kembali maju Caleg PDI Perjuangan Dapil 2 nomor urut 1 untuk DPRD Kota Surabaya ini.

Maka kami berharap, tambah Baktiono, jangan sampai air masuk ke perkampungan lagi, karena langsung dialirkan lewat mobil-mobil PMK.

Kepala Bidang (Kabid) Drainase DSDABM Kota Surabaya, Windo Gusman Prasetyo mengatakan, Unit Cepat (TRC) disiagakan untuk menanggulangi genangan saat turun hujan.

Ia memaparkan, TRC tersebut berasal dari 1.480 Satgas DSDABM Surabaya.

“Untuk persiapan tenaga Satgas di saat musim hujan, kami menyiapkan Unit Reaksi Cepat. Dimana saat ada kendala musim hujan atau kendala pada saluran, TRC bisa langsung cepat menangani sumbatan-sumbatan yang terjadi karena sampah, kayu dan sebagainya,” pungkas Windo Gusman.(why)