Oktober 25, 2024

Grassroots Festival,Raja Siahaan : Pembinaan Atlet Sepak Bola Harus Dimulai Sejak Usia Dini

suararakyatjatim.com – Komite Pengembangan Usia Muda Gandeng Asprov PSSI Jatim Gelar Grassroots Festival di lapangan Kodam V Brawijaya, Minggu (30/06/2024).

Raja Siahaan Komite Pengembangan Usia Muda mengatakan, pembinaan usia dini bagi atlet sepak bola sangat berpengaruh terhadap perkembangan, prestasi hingga regenerasi sepak bola.

Raja Siahaan menyebut, bakat generasi muda tidak akan muncul tanpa adanya bimbingan dan pelatihan secara kontinyu.

Lanjut Raja Siahaan, kegiatan Grassroots Festival merupakan pertama kali di adakan di Indonesia merupakan pondasi dari sepakbola. Kita mendorong melatih anak, bukan sekedar tekniknya tapi membangun karakter Budi pekertinya, disiplin dan kekompakan dalam satu tim.

“Pembinaan ini terus berjalan secara kontinyu ke depannya. Nah dari pembinaan ini kita bisa melihat kemampuan atau skil dari anak-anak kita yang bisa menjadi pilihan untuk terus dikembangkan,” ucap Raja Siahaan.

Menurutnya, pembinaan harus dilakukan secara kontinyu dan dukungan pemerintah kota untuk menyiapkan masa depan sepak bola Indonesia.

“Dukungan Pak Sekkota Surabaya Ikhsan hadir disini sungguh luar biasa. Harapan kami supaya anak anak mempunyai mimpi bisa bermain di piala FIFA ke depannya,” ungkap Raja Siahaan.

Kegiatan Grassroots Festival hari ini berlangsung di 4 kota yaitu Surabaya, Kediri, Madiun dan Lumajang. Sekretaris PSSI Jatim Joko Tutuko menerangkan acara ini dilakukan tiga sesi, masing-masing sesi di ikuti 360 pemain untuk kreteria U10 dan U12.

“Bagaimana kita memberikan suatu bimbingan dan pendidikan yang dimulai dari bawah. Kita doakan mudah-mudahan piala dunia 2026 Timnas Indonesia ikut, maka anak anak ini akan terus menyambung generasi penerus hingga piala dunia tersebut,” pungkas dia.(why)