April 20, 2024

Pemprov Jatim Bentuk Satgas Vaksinasi Covid-19

Jawa Timur (suararakyatjatim) Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, akan membentuk Tim Persiapan Vaksinasi Covid-19. Keputusan ini merupakan hasil rapat Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri BUMN.
“Kemarin sudah rapat dengan para Menteri yang dikoordinasi di Sekretariat Kepresidenan. Jadi intinya ada dua bentuk vaksin, baik vaksin yang dibantu pemerintah dan juga dari swasta,” kata Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi, Rabu (2/12/2020).
Joni menjelaskan, untuk vaksin yang sedang diteliti dan diuji dengan anggaran pemerintah akan difokuskan untuk vaksinasi tenaga kesehatan, peserta BPJS-PBI, juga pemberi layanan. Pembiayaannya ditanggung pemerintah.
“Kemudian juga ada vaksin swasta yang bisa memberikan layanan vaksin, yaitu dari Perusahaan Besar Farmasi (PBF),” lanjut dia.
Saat ini, kata Joni, vaksin masih dalam tahap persiapan. Nantinya tim akan diisi dari berbagai instansi dan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Jatim.
“Termasuk saya, kepala dinas-kepala dinas diperintahkan untuk membuat tim persiapan vaksinasi. Kalau untuk pelaksanaan vaksinasinya, Desember sebelum pilkada pasti belum bisa,” ujarnya.
Adapun tugas dari Tim Persiapan Vaksinasi yang dibentuk Gubernur itu, imbuh Joni, antara lain untuk melakukan sosialisasi dan persiapan lain seperti pelatihan-pelatihan terhadap petugas. Saat ini kegiatan tersebut sedang berlangsung.
“Jadi nanti begitu vaksin sudah ada kita akan bergerak. Berapa jatah untuk Jatim, belum ada jumlahnya, tergantung dari pemerintah pusat nanti,” jelas Joni.(di/why)
Penulis: Agung Wahyudi
Editor: Dodik Wahyu