Juli 29, 2021

SMKN 12 Tampilkan Ratusan Karya Kreatif Unggulan

Surabaya(suararakyatjatim) – Keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jatim sangatlah banyak dan memiliki beranekaragam kompetensi atau jurusan di dalamnya. Salah satunya, SMKN 12 Surabaya yang terkenal melahirkan banyak kreatifitas dan kerajinan di Jatim. Event Art and Tecnologi menampilkan ratusan karya seni terbaik hasil Tugas Akhir (TA) siswa dari 15 kompetensi.

Diantaranya, seni tari, seni karawitan, seni pedalangan, seni pemeranan (teater), seni musik klasik, seni lukis, kriya kreatif kayu dan rotan, kriya kreatif kulit dan imitasi, kriya kreatif logam dan perhiasan, kriya kreatif batuk dan tekstil, animasi, DKV (Desain Komunikasi Visual), desain interior dan teknik furniture, multimedia dan produksi film. Selain produk, dalam pameran karya TA siswa ini juga menampilkan pertunjukkan karya seni yang mulai digelar 17 hingga 19 Juni 2021.

Event berjudul Art and Tecnologi selaras dengan temanya Interaktif merupakan pameran yang luar biasa. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Wahid Wahyudi setelah keliling mengunjungi stand di SMKN 12 Surabaya.

Wahid mengatakan, hadirnya SMKN 12 Surabaya menjadi jawaban ditengah banyaknya generasi muda yang kurang begitu perhatian terhadap pelestarian seni budaya.

“Sekolah seni ini selain memberi kompetensi keahlian juga melakukan pelestarian seni budaya. Tentunya pada perubahan sekarang perlu ada dikolaborasikan dengan teknologi,” ungkap dia.

Lanjut Wahid, sekolah seni terbesar di Jawa Timur berharap bisa berkembang dan meningkatkan mutu pendidikan khususnya membawa sekolah pada pusat seni dan budaya milenial.

Terpisah, Kepala SMKN 12 Surabaya, Biwara Sakti Pracihara menyampaikan, bahwa pameran tugas akhir SMKN 12 ini merupakan salah satu kegiatan akhir tahunan yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa sekolah kami adalah SMK seni satu satunya di Jatim terbesar dan terlengkap.

Ia mengatakan, banyak cara agar masyarakat mengenal dan mengetahui kehebatan dari SMKN 12 ini yakni lewat cara mengenalkan seni rupa yang diimplementasikan dalam kegiatan pameran dan seni pertunjukan dengan tampilan tampilan di panggung agar masyarakat bisa mengetahui keunggulan dari SMKN 12 Surabaya.

“Kegiatan ini, merupakan kegiatan rutin akhir tahun ajaran untuk di ketahui oleh
masyarakat. Karena pandemi covid-19 pengunjung pun tidak mudah datang melihat pameran di SMKN 12,” ujarnya.

Lanjut Praci, untuk bisa menikmati hasil karya para siswa pengunjung harus mendaftar secara online terlebih dahilu melalui laman intip.in/indist2k21.

“Dalam pendaftaran itu mereka akan diminta upload fotocopy KTP dan akan tahu jadwal untuk kunjungan pameran. Karena masa pandemi, jadi untuk pameran memang sangat ketat,” katanya.

Namun, bagi pengunjung yang belum bisa hadir dan berkesempatan untuk melihat karya seni siswa, sekolah akan menyiapkan virtual expo pada pertengahan Juli mendatang.

“Jadi memang kami fasilitasi masyarakat untuk melihat karya terbaik siswa. Apa yang dikerjakan siswa, hasil karyanya merupakan bentuk ekspresi sesuai dengan kemauan siswa,” pungkasnya.(why)

© 2020 Suara Rakyat Jatim.