April 19, 2024

Jelang Lebaran, DPRD Minta Warga Surabaya Patuhi Prokes

Surabaya, suararakyatjatim.com – Menjelang Lebaran tahun ini, DPRD Kota Surabaya berkoordinasi dengan Pemkot agar aktif bergerak memantau pergerakan masyarakat.
Begitu kata Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, menjabarkan kesiapan dan antisipasi mudik lebaran Idul Fitri 2022.
“Salah satunya melakukan operasi pasar.” kata Adi kepada suararakyatjatim.com, Jumat (29/4/2022).
Selain itu, papar Adi, vaksinasi terus digalakkan di Puskesmas terdekat, sebagaimana imbauan presiden agar pemudik harus vaksin Booster terlebih dahulu.
“Ini memang momentum lebaran dimana pelonggoran bisa diberlakukan lebih luas ketimbang tahun lalu.” tegas Adi.
Bagi pemudik, Adi berpesan agar tetap taat terhadap protokol kesehatan (Prokes). Sedangkan yang memilih tetap di Surabaya, dia mengimbau melakukan wisata kuliner. Menikmati aneka makanan khas Surabaya.
“Dua tahun masyarakat tidak mudik, jadi tolong tetap taat prokes.” seru Adi.
Kendati begitu, Adi meminta Pemkot untuk melakukan kontrol agar masyarakat tetap patuh Prokes. Sekaligus menyarankan Puskesmas, dokter dan tenaga medis (nakes) tetap beroperasional pada masa lebaran.
“Jadi, Rumah Sakit juga disiapkan apabila ada hal yang urgen di masa Lebaran, aparatur TNI – Polri juga disiapkan jaga keamanan. Supaya tidak terjadi gangguan keamanan kriminalitas yang berdampak pada gangguan suasana lebaran.” ungkap Adi.(why)