April 18, 2024

10 Tahun Pasar Tunjungan Mati Suri, Biaya Retribusi Bebani Pedagang

Surabaya (suararakyatjatim) – Harapan para pengusaha untuk mendapat jawaban meyakinkan dari calon walikota nomor urut 1, Eri Cahyadi mengenai nasib Pasar Tunjungan berujung tak memuaskan.

Sekadar diketahui, Rabu (13/20) kemarin, pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya dan para pengusaha di Kota Surabaya menggelar diskusi dengan dua pasangan calon (Paslon) Cawali-cawawali Kota Surabaya sekaligus. Dua paslon tersebut masing-masing paslon nomor urut 1 Eri Cahyadi-Armuji dan Paslon Nomor urut 2, Mahfud Arifin-Mujiaman. Salah satu tema yang dibahas adalah persolan pasar di Surabaya.

Beberapa pasar diketahui rusak, bahkan Pasar Tunjungan yang merupakan pasar legendaris warga Surabaya didapati mangkrak berpuluh-puluh tahun,  mati suri. Sepuluh tahun selama kepemiminan Walikota Tri Rismaharini, pasar tersebut tidak tersentuh perbaikan meski berlokasi di jantung kota mati. Padahal, dengan lokasi yang begitu strategis, Pasar Tunjungan bisa menjadi sentra pengembangan UMKM.

Saat sesi tanya jawab dalam diskui bertema ‘Sambung Rasa bersama Calon Pemimpin Surabaya’ itu, Anthony Utomo, salah seorang pengusaha yang menjadi peserta diskusi, menanyakan permasalahan Pasar Tunjungan.

”Sudah 10 tahun Bu Risma memimpin, Pasar Tunjungan tetap mati, bagaimana Mas Eri bisa membangunkan. Seharusnya bisa menjadi pusat UMKM, karena untuk masuk mal kadang terlalu mahal untuk UMKM,” tanya Anthony. ”Kalau kelamaan mati nanti menjadi lokasi Jerit Malam,” tutupnya.

Eri Cahyadi yang tak lain Calon Walikota Surabaya nomor urut 1 berbelit dalam menjawab pertanyaan tersebut. Dia berdalih bahwa pasar-pasar yang dikelola PD Pasar tidak bisa langsung diintervensi oleh Pemkot. ”Perusahaan daerah memiliki direktori yang jelas, tidak bisa langsung diintervensi,” kilah mantan Kepala Bappeko ini.

Para pelaku usaha mengaku bingung dengan jawaban dimana pemkot tidak bisa mengintervensi perusahaan daerah. Hal ini lantaran perusahaan daerah seperti PD Pasar Surya memiliki tugas utama membantu pemkot untuk menyejahterakan warga. Sebaliknya, kepentingan pemkot untuk menyejahterakan warga harus bisa dijalankan PD Pasar Surya.

Sepengetahuan mereka (pelaku usaha,red), wali kota memiliki kewenangan penuh untuk mengangkat direksi perusahaan daerah termasuk PD Pasar Surya. Sehingga, apabila berniat menghidupkan Pasar Tunjungan, wali kota bisa langsung memberikan perintah ke PD Pasar Surya untuk memprioritaskan pasar tersebut. Hal ini lantaran sudah sepuluh tahun Pasar Tunjungan mati tak terurus.

Eri Cahyadi kemudian melanjutkan jawaban kapan pasar tersebut akan dibangun. Dia menyebut akan membangun Pasar Tunjungan pada 2021. ”Sudah siap dibangun tahun ini, namun batal karena pandemi,” ucapnya.

Di sisi lain, sejumlah kelompok pedagang Pasar Tunjungan mengaku belum ada sama sekali rencana revitalisasi pasar.

”Bu Risma selama 10 tahun ini begitu memberatkan kami selaku pedagang Pasar Tunjungan. Pasar mati karena tidak diperbaiki, namun kami tetap harus membayar retribusi. Entah sampai kapan ini akan terjadi,” keluh M. Farid, salah seorang pemilik stan di Pasar Tunjungan. (why)